Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan Pernapasan

Madu hitam merupakan obat tradisional yang memilik banyak manfaat dan khasiat untuk semua jenis penyakit. Madu ini merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah hutan mahoni. Madu yang dihasilkan sedikit berbeda dari segi warna dan rasa dibanding dengan madu pada umumnya. Madu hitam memiliki warna hitam dan rasa sedikit pahit. Madu hitam memiliki khasiat sebagai obat dan vitamin sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Madu ini memiliki kandungan gula yang sangat rendah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Madu hitam juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga baik dikonsumsi jika seseorang sedang mengalami pemulihan akibat sakit. Madu ini dikemas dalam bentuk botol dan di jual dengan harga 75.000 hingga 80.000. Dengan mengkonsumsi madu hitam ini secara rutin memiliki khasiat yang baik untuk tubuh khususnya untuk menjaga organ pernapasan.

Organ Organ Pernapasan

Organ pernapasan merupakan alat penting yang mendukung terjadinya respirasi. Berikut merupakan penjelasan organ organ pernapasan beserta fungsinya :

1. Hidung

Hidung merupakan organ pernapasan manusia yang terletak di luar. Manusia menghirup udara bebas dan menghembuskan karbondioksida dengan menggunakan hidung. Hidung manusia memiliki 2 lubang dan terdapat satu saluran. Dalam hidung terdapat rambut halus yang memiliki fungsi sebagai alat penyaring. Alat penyaring yang dimaksud adalah, pada saat manusia menghirup udara bebas maka rambut halus berfungsi untuk menyaring debu yang ikut terhirup sehingga yang masuk ke dalam sistem pernapasan hanya udara bersih. Kemudian ada juga lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembaban pada bagian hidung dalam.

2. Tenggorokan

Tenggorokan merupakan saluran pernapasan setelah hidung. Tenggorokan dibagi menjadi beberapa bagian antara lain, pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), dan cabang tenggorokan (bronkus). Berikut merupakan penjelasan tentang ketiga bagian tenggorokan.

3. Paru Paru

Paru paru merupakan organ pernapasan yang terletak pada bagian tubuh dalam. Paru paru memiliki bentuk seperti spons yang memiliki banyak gelembung. Paru paru terletak di dalam rongga dada. Antara rongga dada dan rongga perut terdapat suatu selaput pembatas yang disebut sebagai diafragma. Diafragma merupakan selaput pembatas yang berperan dalam pernapasan. Paru paru terbagi menjadi 2 bagian yakni kanan dan kiri. Paru paru kanan memiliki bentuk yang lebih besar diabanding paru paru sebelah kiri. Paru paru merupakan cabang bronkiolus yang ujungnya terdapat gelembung udara yang disebut alveolus (satu) atau alveoli (banyak). Dalam alveoli inilah pertukaran gas akan berlangsung. Sehingga hanya udara yang bersih saja yang dapat digunakan dalam tubuh dan dapat mengalir dalam darah.

Proses Pernapasan

Proses pernapasan manusia berlangsung pada saat manusia menghirup udara bebas menggunakan hidung. Kemudian udara akan mengalir menuju tenggorokan selanjutnya akan menuju paru paru. Di dalam paru paru terjadi pertukaran udara tepatnya di dalam alveoli. Oksigen yang terdapat dalam alveoli akan ditukar dengan karbondioksida yang terkandung dalam darah. Kemudian hemoglobin akan mengikat oksigen. Selanjutnya darah yang mengandung oksigen akan mengalir keseluruh tubuh. Oksigen sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses respirasi sel dalam tubuh sehingga dapat membantu perkembangan sel dalam tubuh. Kemudian karbondioksida pada darah akan diberikan dalam alveoli. Dalam alveoli paru paru karbondioksida akan dikeluarkan melalui paru paru, cabang batang tenggorokan, batang tenggorokan, pangkal tenggorokan hingga hidung. Karbondioksida akan keluar melalui hidung pada saat manusia menghembuskan napas.

Gangguan pada Sistem Pernapasan

Udara bebas dapat mengandung virus maupun bakteri sehingga dapat menyerang manusia terinfeksi sebuah penyakit. Oleh karena itu untuk menjaga organ pernapasan. Berikut merupakan beberapa macam gangguan pada organ pernapasan yang menyebabkan penyakit pernapasan :

1. Enfisema
Enfisema merupakan penyakit yang terdapat pada paru paru. Penyakit ini merupakan terjadinya pembengkakan pada paru paru.

2. Asma
Asma merupakan penyakit yang terjadi karena penyumbatan saluran pernapasan. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau rambut.

3. Kanker paru paru
Kanker paru paru merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak secepatnya dicegah. Penyakit kanker paru paru dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok yang terlalu sering.

4. TBC (Tuberculosis)
Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang paru paru. Penyakit ini biasanya menyerang manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

5. Bronkhitis
Bronkhitis merupakan infeksi yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada bagian saluran udara. Penyakit ini memilik gejala batuk berdahak dan dahak biasanya mengental berwarna kuning kehijauan.

6. Influenza
Influenza merupakan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu tipe A, B, dan C.

7. Faringitis
Faringtis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada faring yang merupakan bagian dari saluran pernapasan.

8. Sinusitis
Sinusitis merupakan peradangan pada bagian dinding sinus. Penyakit ini dapat terjadi dikarenakan infeksi sebuah bakteri atau virus. Sinus merupakan rongga kecil yang berisi udara yang terletak dibagian belakang tulang pipi dan dahi. Penyakit ini dapat sembuh kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

9. Pneumonia
Pneumonia merupakan penyakit yang terdapat pada paru paru. Penyakit ini menyebabkan gelembung udara dalam paru paru mengalami pembengkakan dan terdapat penuh dengan cairan. Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik atau obat yang harus diresepkan oleh dokter.

10. Dipteri
Penyakit dipteri merupakan penyakit pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan penyakit dipteri adalah bakteri Corynebacterium diphtheriae dan Corynebacterium ulcerans.

11. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)
Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Pada penyakit ini sistem pernapasan mengalami iritasi atau peradangan. Penderita akan mengalam susah bernapas. Bahkan penyakt ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dapat menyebabkan tubuh kekurangan udara sehingga dapat berakibat fatal pada penderita.

12. Rinitis
Rinitis merupakan penyakit pada sistem pernapasan. Penyakit ini biasanya terjadi akibat peradangan pada hidung akibat alergi.

13. SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)
Penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) merupakan penyakit yang pertama kali muncul di Asia. Penyakit ini disebabkan oleh suatu virus SARS-CoV (SARS Coronavirus) yang menyerang saluran pernapasan bagian atas.

14. Laringtis
Laringitis merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini menyerang bagian laring yang mengalami peradangan. Penderita laringitis pada umunya memiliki gejala nyeri pada tenggoronkan, batuk batuk, demam, susah berbicara, susah menelan makanan, suara serak, dan dapat pula hingga tidak dapat mengeluarkan suara sama sekali.

madu hitam untuk susah nafas

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Bernapas merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Setiap makhluk hidup bernapas lebih dari 10.000 kali setiap harinya. Organ pernapasan manusia yang terdiri atas hidung, tenggorokan (faring, laring, trakea, bronkus),dan paru paru (bronkiolus, alveolus)patut dijaga demi kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia. Manusia menghirup oksigen untuk dialirkan dalam seluruh tubuh melalui darah. Karbondioksida dalam darah akan ditukar dengan oksigen dalam alveoli kemudian karbondioksida akan dikeluarkan melalui hidung. Organ organ dalam sistem pernapasan rentan sekali terhadap infeks penyakit. Hal ini dikarenakan udaradapat keluar dan masuk secara bebas setiap hari. Udara bebas dapat mengandung virus maupun bakteri sehingga dapat menyerang manusia terinfeksi sebuah penyakit. Menjaga seluruh organ tubuh sangat penting bagi manusia. Tidak hanya organ pernapasan saja yang penting tapi seluruh organ memiliki fungsi yang penting bagi manusia. Jika terdapat satu saja organ yang mengalami gangguan maka hal ini akan menyebabkan penyakit pada tubuh. Mengkonsumsi madu hitam dapat membantu mengingkatkan kesehatan organ pernapasan dalam tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *