Sumber Bahan Alami untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Penyakit merupakan salah satu penyebab tubuh kita lemah. Penyakit dapat datang dari mana saja tanpa kita ketahui. Penyakit dapat disembuhkan dengn obat obatan yang dianjurkan oleh dokter. Selain obat yang berasal dari dokter terdapat pula obat yang dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat obat herbal alami.

Jahe

Jahe mrupakan rempah yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan makanan atau minuman. Jahe dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki kandungan yang dapat menstimulasi hormon adrenalin dan dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu jahe dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan aliran darah dan menjaga kerja jantung.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang biasanya digunakan untuk membuat makanan. Minyak ini merupakan bahan alami yang terbuat dari ekstrak buah zaitun. Minyak ini biasanya digunakan untuk menumis bahan bahan makanan. Minyak ini memiliki manfaat dan khasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Gambar Sumber Bahan Alami untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat beberapa makanan atau minuman. Kunyit dipercaya memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Kunyit dapat menyembuhkan pengerasan pada pembuluh darah dan juga mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam dunia kesehatan. Daun kemangi dapat digunakan untuk mengobati gatal akibat alergi. Daun kemangi sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat herbal tradisional. Kandungan yang terdapat dalam daun kemangi dapat membuat efek menenangkan bagi penderita gatal akibat alergi. Hal ini dapat membantu penderita berhenti menggaruk dan membuat kulit menjadi lebih nyaman. Cara membuat yaitu dengan merebus daun kemangi dengan air mendidih. Kemudian tutup panci yang digunakan untuk merebus kemangi agar uap yang dihasilkan tidak menguap di udara. Setelah mendidih tiriskan rebusan daun kemangi hingga airnya menjadi hangat. Siapkan handuk kecil atau kain kemudian celupkan dalam air kemangi hangat. Tempelkan kain pada bagian yang gatal akibat alergi.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk penyembuhan gatal akibat alergi. Kandungan lidah buaya dapat mengatasi rasa gatal akibat alergi antara lain Vitamin E, flavonoid, dan minyak alami yang dapat mengatasi gatal akibat alergi. Cara membuat obat gatal akibat alergi dari lidah buaya yaitu dengan menyiapkan beberapa lidah buaya kemudian kupas kulitnya. Ambil gel lidah buaya dan cuci bersih hingga getah hilang. Kemudian haluskan dan gosokkan pada seluruh tubuh yang mengalami gatal akibat alergi.

Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan untuk pembuatan obat herbal dan bahan masakan. Cengkeh memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dengan membuat cengkeh menjadi minyak. Olahan cengkeh ini dapat digunakan untuk mengobati masalah gatal akibat alergi. Minyak cengkeh mengandung bahan anti inflamasi yang dapat mengungi rasa gatal. Minyak cengkeh dapat menjaga kelembaban kulit dan kulit akan terhindar dari kekeringan. Cara menggunakan minyam cengkeh untuk mengobati gatal akibat yakni dengan menuangkan 2 sendok minyak cengkeh. Kemudian masukkan kapas pada minyak cengkeh dan oleskan pada gatal gatal akibat alergi. Lakukan hingga gatal akibat alergi berkurang.

Madu Hitam sebagai Obat Alami Segala Penyakit

Selain obat alami tersebut, ada lagi obat alami yang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Madu hitam merupakan obat tradisional alami yang memilik banyak manfaat dan khasiat untuk semua jenis penyakit. Madu ini merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah hutan liar. Madu yang dihasilkan berasal dari pohon mahoni. Madu yang dihasilkan sedikit berbeda dari segi warna dan rasa dibanding dengan madu pada umumnya. Madu hitam memiliki warna hitam dan rasa sedikit pahit. Madu hitam memiliki khasiat sebagai obat dan vitamin sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Madu ini memiliki kandungan gula yang sangat rendah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Madu hitam juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga baik dikonsumsi jika seseorang sedang mengalami pemulihan akibat sakit. Madu ini dikemas dalam bentuk botol dan di jual dengan harga 75.000 hingga 80.000. Madu Hitam merupakan sumber protein tinggi yang baik untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Gambar Sumber Bahan Alami untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Daun Sirih

Daun sirih merupakan tumbuhan yang digunakan dalam pembuatan obat obat herbal. Daun sirih banyak digunakan untuk perawatan pada organ kewanitaan. Daun ini dapat digunakan untuk mencegah bau badan dalam tubuh. Daun sirih memiliki kandungan dan khasiat antibakterial dan antiseptik. Oleh karena itu daun sirih dapat digunakan untuk membuat ramuan yang dapat menghilangkan bau badan. Cara membuat daun sirih yaitu siapkan beberapa lembar daun sirih dan cuci bersih daun sirih. Kemudian tumbuk hingga daun sirih halus. Oleskan dan gosok halus tumbukan daun sirih keseluruh tubuh. Gosok sekitar 5 menit kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Pada saat menggosok daun sirih usahakan pada saat mandi, sehingga mudah pada saat akan membilas. Selain menggunakan daun sirih dalam menggosok tubuh daun sirih juga dapat direbus kemudian diminum air rebusannya. Sehingga air dapat dikonsumsi setiap hari untuk menghilangkan bau badan.

Daun Beluntas

Seperti halnya dengan daun kemangi, daun beluntas juga biasanya digunakan untuk bahan utama pembuatan lalapan atau beberapa makanan. Daun beluntas tumbuh liar disekitar perkebunan. Cara membuat daun beluntas. Siapkan beberapa lembar daun beluntas kemudian cuci bersih dan tumbuk hingga halus setelah halus kemudian gosokkan pada bagian lipatan tubuh yang menimbulkan bau badan.

Daun Asam Jawa

Daun asam jawa juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Siapkan beberapa daun asam jawa kemudian rebus hingga mendidih. Setelah mendidih saring dan ambil airnya saja. Setelah itu minum air rebusan daun asam jawa 2 kali sehari. Dengan minum ramuan asam jawa ini dapat mengurangi masuk angin dalam tubuh.

Gula Aren

Gula aren merupakan bahan masakan tradisional yang dapat digunakan untuk obat penurun panas dan demam. Gula aren dapat direbus dan diaduk hingga merata kemudian diminum selagi hangat. Gula aren memiliki khasiat untuk membantu masuk angin ceoat reda.

Temulawak

Kandungan dan manfaat dalam temulawak yaitu sebagai antibiotik dan juga anti inflamasi. Selain untuk obat herbal penurun panas untuk bayi dan balita, temulawak juga dapat dijadikan obat penurun panas untuk ibu hamil. Cara membuat obat herbal dari temulawak yaitu siapkan satu ruas temulawak, parut dan tambahkan setengah gelas air hangat. Peras dan ambil airnya saja, kemudian tambahkan madu untuk kemudian diminum. Selain itu penurunan panas temulawak dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah masuk angin dalam tubuh.

Daun Sambiloto

Daun sambiloto memiliki kandungan yang dapat membirikan rasa yang pahit. Pahit biasanya rasa yang dibenci oleh anak anak. Berikut merupakan cara membuat rambuan herbalnya. Siapkan 3-4 lembar daun sambiloto kemudian tambahkan satu ruas kunyit yang sudah dikeringkan. Rebus kedua bahan dengan menggunakan air satu gelas. Setelah mendidih angkat dan saring. Kemudian ambil airnya saja dan tambahkan dengan madu untuk mengurangi rasa pahit daun sambiloto. Sambiloto obat herbal penurun panas tinggi lebih manjur digunakan. Menggunakan daun sambiloto dapat mengurangi masuk angin dalam tubuh

Kelapa Hijau Muda

Kelapa hijau muda merupakan salah satu obat tradisional yang ampuh untuk segala penyakit. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan masuk angin. Caranya dengan membuka kelapa hijau pada bagian ujung atas secara bulat kita kira memiliki diameter 4 cm. Kemudian tutup dan bakar kelapa hijau diatas api hingga air kelapa mendidih. Minum air kelapa selagi hangat hingga masuk angin dirasa sembuh. Selain itu kelapa ini juga dapat diminum langsung, kelapa ini memiliki khasiat untuk meghilangkan racun dalam tubuh.

Sari Kurma

Kurma telah banyak digunakan karena khasiat nutrisi dan vitamin yang banyak terkandung didalamnya. Salah satu manfaat kurma digunakan sebagai sari kurma. Sari kurma dapat dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita demam berdarah dan juga masuk angin. Selain itu dapat membantu meningkatkan trombosit. Konsumsi sari kurma setiap hari satu sendok makan hinga masuk angin sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *